Contoh Judul-judul Penelitian Pendidikan Sains



Kesulitan terbesar dalam memulai penelitian adalah menemukan apa yang akan diteliti. Di bawah ini disajikan beberapa tips yang dapat menjadi bahan pertimbangan bagi mereka yang sulit menemukan “apa yang akan diteliti?”:
1. Pada bab awal telah dikemukan tugas pendidikan sains, yaitu memempermudah siswa dalam mempelajari ekplanasi ilmiah sainstis dan mempermudah guru dalam mengajarkan ekplanasi sainstis. Implikasi pada penelitian pendidikan sains adalah penelitian sebaiknya dimulai dengan pertanyaan, “Materi atau topik apa yang sulit diajarkan oleh guru atau yang sulit dipahami oleh siswa?”.
2. Selanjutnya dengan studi literatur temukanlah model, metode, strategi, teknik dll yang dapat mempermudah guru mengajarkan dan murid memahami materi tersebut.
3. Sebelum memutuskan untuk melakukan penelitian, maka sebaiknya mengukur kemampuan baik dari sisi waktu maupun biaya penelitian. Pertimbangan ini semua akan menentukan metode penelitian apa yang akan kita gunakan. Misalnya membuat sebuah model pembelajaran membutuhkan waktu yang lebih lama dari pada menerapkan model pembelajaran yang sudah ditemukan oleh orang lain (ahli).

Berikut ini disajikan beberapa contoh judul penelitian pendidikan sains, diharapkan menjadi sumber inspirasi untuk membuat sebuah proposal penelitian
A. Model/Strategi/Pendekatan/Metode Pembelajaran sains:1. Implementasi Model Pembelajaran Pemecahan Masalah Berbasis Konsep untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Gaya dan Tekanan
2. Pengaruh Pemberian Tugas terhadap Prestasi Belajar Siswa dalam Pengajaran Fisika
3. Perbandingan Hasil Belajar Siswa SLTP yang Menggunakan Metode Eksperimen dengan Menggunakan Metode Pemecahan Masalah pada Pokok Bahasan Bunyi
4. Pengaruh Metode Demonstrasi terhadap Struktur Kognitif Siswa SMU pada Konsep Fluida tak Bergerak
5. Pengaruh Penataan Lingkungan Belajar Berdasarkan Quantum Learning Terhadap Minat Belajar Fisika Siswa SMU
6. Pengaruh Metode Belajar Kelompok terhadap Peningkatan Hasil Belajar Fisika Siswa SMU Kelas II pada Mata Pelajaran Medan Magnet
7. Efektifitas Penggunaan Model Pembelajaran Kooferatif Tipe Jigsaw terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa pada Konsep Medan Magnetik
8. Pengaruh pemberian Tugas Membuat Peta Konsep dan Rangkuman dalam Pengajaran Fisika terhadap Prestasi Belajar Siswa SMU
9. Perbandingan Efektifitas Pengajaran Remidial yang Menggunakan Tutor Sebaya dengan Pengajaran Remedial yang Menggunakan Metode Kerja Kelompok Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa
10. Hubungan antara Keterampilan Proses Sains yang dimilki Siswa dengan Pemahaman Konsep Fisika
11. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajar Generatif Terhadap Prestasi Belajar Fisika
12. Penerapan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) pada Pembelajaran Pencemaran Air untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Rasional Siswa SMU
13. Pengaruh Pembelajaran dengan Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme terhadap Hasil Belajar Siswa SMU dalm Konsep Ekologi
14. Penggunaan Pendekatan Analogi terhadap Hasil Belajar Siswa SMU Kelas II pada Konsep Konsentrasi Larutan
15. Implementasi Model Pembelajaran Pemecahan Masalah Berbasis Konsep pada Sub Bagian Bahan Kajian Elektrolisis
16. Strategi Pembelajaran dengan Pemetaan Konsep untuk Siswa Kelas II pada Bahan Kajian Pupuk
17. Pengaruh Penerapan Metode Discovery Inquiry terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas X pada Pokok Bahasan Kimia Karbon
18. Pengembangan Model Pembelajaran melalui Pendekatan Multidimensional untuk Meningkatkan Kompentensi Siswa SMP dalam Penggunaan Grafik
19. Pengembangan Pembelajaran Konseptual Secara Interaktif untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berkomunikasi Siswa
20. Pengembangan Model Pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
21. Pengembangan Model Pembelajaran Heuristik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
22. Motivasi Belajar Siswa pada Konsep Sistem Peredaran Darah Manusia Menggunakan Model Pembelajaran Analogi
23. Perbandingan Hasil Belajar Siswa yang Menggunakan Metode Eksperimen dan Metode Demostrasi dalam Aplikasi Konsep Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan
24. Analisis Keterampilan Menafsirkan Data Pengamatan Siswa dalam Model Pembelajaran Inquiry Pokok Bahasan Kimia Karbon

B. Media Pengajaran
25. Pengaruh Penggunaan Multimedia pada Motivasi Belajar dan Prestasi Fisika Siswa
26. Pengembangan Software Multimedia Interaktif Pembelajaran Kimia pada Bahan Kajian Sifat-sifat Koloid
27. Penggunaan Video Demonstrasi dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa SMA Kelas X pada Konsep Persamaan Gas (Hukum Charles)

C. Penelitian Deskriptif28. Tingkat Prestasi Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Bunyi Berdasarkan Ranah Kognitif Bloom
29. Profil Penguasaan Konsep Formal Fisika ditinjau dari Tahap Perkembangan Intelektual
30. Kemampuan Berpikir Hipotetik Deduktif Siswa dalam Kaitannya dengan Penguasaan Konsep Sistem Pernapasan
31. Diagnosis Kesulitan Belajar Siswa Kelas 2 SMU pada Pokok Bahasan Sistem Ekskresi
32. Identifikasi Kemampuan Keterampilan Proses Siswa SMU Kelas II pada Konsep Struktur Tumbuhan
33. Keterampilan Menarik Kesimpulan Siswa SLTP pada Konsep Gizi dan Kesehatan
34. Rancangan Pembelajaran yang Dapat Mengembangkan Kemampuan Bertanya Siswa dalam Pembelajaran Konsep Makhluk Hidup
35. Analisis Pelaksanaan Mengajar Guru dengan Pengetahuan PMS tertentu pada Bahan Kajian Struktur Atom
36. Analisis Ekplanasi Guru pada Pokok Bahasan Rumus Kimia dan Persamaan Reaksi yang Sireduksi secara Didaktik
37. Analisis Pertanyaan Guru dalam Mengembangkan Keterampilan Intelektual Siswa pada Pokok Bahasan Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit
38. Analisis Keterampilan Berkomunikasi Siswa SMA Kelas X pada Praktikum Penentuan Kepolaran Senyawa dalam Pembelajaran Senyawa Polar dan Non Polar
39. Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMU pada Pokok Bahasan Penggunaan Radiosotop
40. Analisis Kemampuan Siswa SMP Kelas 2 dalam Merencanakan Percobaan pada Praktikum Konsep Fotosintesis
41. Profil Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah pada Konsep Sistem Peredaran Darah
42. Perbandingan Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Gender pada Konsep Fotosintesis di Kelas 8

D. Evalusi Pembelajaran43. Penggunaan Tes Obyektif Pilihan Ganda tanpa Koreksi dalam Menggungkapkan tingkat Pemahaman Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Fisika
44. Interpretasi Penilaian Kinerja Siswa Kelas I SMUN 3 Bandung Pada Pembelajaran Konsep Invertebrata
45. Penerapan Penilaian Kinerja Kegiatan Praktikum pada Konsep Struktur Tumbuhan di SMA

E. Miskonsepsi dalam Pembelajaran Sains
46. Identifikasi Miskonsepsi pada Konsep Gelombang dan Bunyi dengan Menggunakan CRI (Certainty of Response)
47. Identifikasi Miskonsepsi dan Kesalahan Buku Teks Biologi SMA Kelas 3 pada Konsep Biogeografi
48. Pembelajaran Analogi Rumah Elektron untuk Menanggulangi Miskonsepsi Siswa Kelas III SMU pada Sub Pokok Bahasan Konfigurasi Elektron

F. Penelitian Korelasi49. Hubungan antara Keterampilan Berpikir Rasional dengan Kemampuan Berhipotesis Siswa Kela X pada Pokok Bahasan Kimia Karbon
50. Hubungan Sikap Ilmiah dengan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Sistem Respirasi dengan Menggunakan Metode Eksperimen
51. Hubungan Penguasaan Konsep dengan Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal
52. Hubungan Pemahaman Siswa Terhadap Pemeliharaan Kesehatan Organ Reproduksi

Sumber: Tanya Jawab Seputar Penelitian Pendidikan Sains (Yanti Herlanti), pengalaman bloger dan lain-lain.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teori Humanistik, Kritik, dan Penerapannya dalam Pembelajaran

Ukuran Sel