Kamis, 21 Maret 2013

Contoh Judul-judul Penelitian Pendidikan Sains



Kesulitan terbesar dalam memulai penelitian adalah menemukan apa yang akan diteliti. Di bawah ini disajikan beberapa tips yang dapat menjadi bahan pertimbangan bagi mereka yang sulit menemukan “apa yang akan diteliti?”:
1. Pada bab awal telah dikemukan tugas pendidikan sains, yaitu memempermudah siswa dalam mempelajari ekplanasi ilmiah sainstis dan mempermudah guru dalam mengajarkan ekplanasi sainstis. Implikasi pada penelitian pendidikan sains adalah penelitian sebaiknya dimulai dengan pertanyaan, “Materi atau topik apa yang sulit diajarkan oleh guru atau yang sulit dipahami oleh siswa?”.
2. Selanjutnya dengan studi literatur temukanlah model, metode, strategi, teknik dll yang dapat mempermudah guru mengajarkan dan murid memahami materi tersebut.
3. Sebelum memutuskan untuk melakukan penelitian, maka sebaiknya mengukur kemampuan baik dari sisi waktu maupun biaya penelitian. Pertimbangan ini semua akan menentukan metode penelitian apa yang akan kita gunakan. Misalnya membuat sebuah model pembelajaran membutuhkan waktu yang lebih lama dari pada menerapkan model pembelajaran yang sudah ditemukan oleh orang lain (ahli).

Berikut ini disajikan beberapa contoh judul penelitian pendidikan sains, diharapkan menjadi sumber inspirasi untuk membuat sebuah proposal penelitian
A. Model/Strategi/Pendekatan/Metode Pembelajaran sains:1. Implementasi Model Pembelajaran Pemecahan Masalah Berbasis Konsep untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Gaya dan Tekanan
2. Pengaruh Pemberian Tugas terhadap Prestasi Belajar Siswa dalam Pengajaran Fisika
3. Perbandingan Hasil Belajar Siswa SLTP yang Menggunakan Metode Eksperimen dengan Menggunakan Metode Pemecahan Masalah pada Pokok Bahasan Bunyi
4. Pengaruh Metode Demonstrasi terhadap Struktur Kognitif Siswa SMU pada Konsep Fluida tak Bergerak
5. Pengaruh Penataan Lingkungan Belajar Berdasarkan Quantum Learning Terhadap Minat Belajar Fisika Siswa SMU
6. Pengaruh Metode Belajar Kelompok terhadap Peningkatan Hasil Belajar Fisika Siswa SMU Kelas II pada Mata Pelajaran Medan Magnet
7. Efektifitas Penggunaan Model Pembelajaran Kooferatif Tipe Jigsaw terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa pada Konsep Medan Magnetik
8. Pengaruh pemberian Tugas Membuat Peta Konsep dan Rangkuman dalam Pengajaran Fisika terhadap Prestasi Belajar Siswa SMU
9. Perbandingan Efektifitas Pengajaran Remidial yang Menggunakan Tutor Sebaya dengan Pengajaran Remedial yang Menggunakan Metode Kerja Kelompok Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa
10. Hubungan antara Keterampilan Proses Sains yang dimilki Siswa dengan Pemahaman Konsep Fisika
11. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajar Generatif Terhadap Prestasi Belajar Fisika
12. Penerapan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) pada Pembelajaran Pencemaran Air untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Rasional Siswa SMU
13. Pengaruh Pembelajaran dengan Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme terhadap Hasil Belajar Siswa SMU dalm Konsep Ekologi
14. Penggunaan Pendekatan Analogi terhadap Hasil Belajar Siswa SMU Kelas II pada Konsep Konsentrasi Larutan
15. Implementasi Model Pembelajaran Pemecahan Masalah Berbasis Konsep pada Sub Bagian Bahan Kajian Elektrolisis
16. Strategi Pembelajaran dengan Pemetaan Konsep untuk Siswa Kelas II pada Bahan Kajian Pupuk
17. Pengaruh Penerapan Metode Discovery Inquiry terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas X pada Pokok Bahasan Kimia Karbon
18. Pengembangan Model Pembelajaran melalui Pendekatan Multidimensional untuk Meningkatkan Kompentensi Siswa SMP dalam Penggunaan Grafik
19. Pengembangan Pembelajaran Konseptual Secara Interaktif untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berkomunikasi Siswa
20. Pengembangan Model Pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
21. Pengembangan Model Pembelajaran Heuristik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
22. Motivasi Belajar Siswa pada Konsep Sistem Peredaran Darah Manusia Menggunakan Model Pembelajaran Analogi
23. Perbandingan Hasil Belajar Siswa yang Menggunakan Metode Eksperimen dan Metode Demostrasi dalam Aplikasi Konsep Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan
24. Analisis Keterampilan Menafsirkan Data Pengamatan Siswa dalam Model Pembelajaran Inquiry Pokok Bahasan Kimia